14 Desember, 2020

Beli Narkoba Gunakan Upal Pelaku di Ringkus Polisi









Gaungmerdeka.com,Tebo - Apes, Niatnya ingin menipu dengan membeli Narkoba jenis sabu dengan menggunakan uang paslsu (upal), pelaku ditangkap massa dan kemudian diserahkan ke polisi.


Terungkapnya kasus ini berawal dari pelaku Ranto yang menghubungi pelapor yaitu Ibrahim untuk bertemu disebuah warung di Desa Embacang, Kec. Tanah Sepenggal, Kab. Bungo. Saat ketemu tersebut pelaku menyerahkan uang sebesar Rp. 3 juta rupiah kepada pelapor agar mencarikan narkoba jenis sabu. Dan pelapor mengatakan kepada pelaku bahwa uangnya tersebut palsu dan langsung diamankan pelapor dan massa yang ada di warung tersebut," hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Bungo AKBP Mokhamad Lutfi,S.I.K kepada awak media pada konferensi pers di Mapolres Bungo, Senin (07/12/2020).


"Ya, pelaku awalnya ingin menipu pelapor dengan uang palsu untuk dicarikan narkoba, tetapi pelapor ini sebenarnya sudah meninggalkan untuk terjerumus dalam narkoba, sehingga pelapor dan warga lain langsung menangkap pelaku Ranto dan diserahkan keanggota saat itu juga," jelas Kapolres.


Lanjut AKBP Mokhamad Lutfi,S.I.K mengatakan, penangkapan pelaku sendiri berdasarkan LP / B / 27 / XII / 2020 / Jambi / Res Bungo / Sek Tanah Sepenggal tanggal 02 Desember 2020. Dan Unit Tipidter dan TIM SPARTAN Satreskrim Polres Bungo langsung melakukan pengembangan akhirnya kasus ini terungkap.


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, Dari keterangan pelaku Ranto tersebut, Tim Spartan Satreskrim bersama Unit TIPIDTER Polres Bungo langsung melakukan pengembangan dan mendapatkan tiga pelaku lain yang merupakan pencetak atau pembuat uang palsu tersebut di Kabupaten Merangin.


"Dari informasi pelaku Ranto bahwa uang tersebut dibuat dan dicetak di Kabupaten Merangin oleh temannya, jadi Tim labgsung bergerak dan berhasil mengamankan ketiga pelaku lain," jelas Kapolres.


Ketiga pelaku lainnya yang berhasil diamankan yaitu Supriyadi (36), warga Sumber Agung, Kecamatan Margo Tabir, Kabupaten Merangin, Irlan (34), warga Sungai Manau, Kecamatan Sungai Manau, Kabupaten Merangin dan Zampriadi (46), warga Sumber Agung, Kecamatan Margo Tabir, Kabupaten Merangin.


"ketiga pelaku tersebut dan barang bukti dibawa ke Polres Bungo untuk dilakukan tindak lebih lanjut. Untuk peran masing-masing, kita tunggu hasil pemeriksaan," ungkap AKBP Mukhamad Lutfi,S.I.K.


Sementara pelaku melakukan  tindak pidana menyimpan secara fisik dan mengedarkan uang rubiah palsu sebagaimana dimaksud dalam pasal 36 ayat (2) dan (3) UU No. 7 tahun 2011 tentang mata uang jo pasal 55 ayat (1) KUHPidana. (Ns-ST/HRF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaungmerdeka.com

Seorang Ketua RT Tewas di Bacok Ipar Dengan Parang

Gaungmereka.com,TEBO- Jatmiko (40)  warga Desa Sido Rukun Tewas mengenaskan akibat di  dibacok dengan sebilah parang oleh Sumardi yg masih s...