14 November, 2020

15 Pasien Meninggal Di Tebo Dimakamkan Dengan Protokol Covid 19,Diantaranya 6 Orang Pasien Positif Terkomfirmasi Covid 19.


Gaungmerdeka.com,Tebo-Sampai dengan November 2020, jumlah Pasien meninggal di Tebo dimakamkan sebanyak 15 orang dengan protokol Covid,  demikian dikatakan jurubicara Covid-19 Tebo Himawan Susanto,,SE, M.Ec.Dev, Jumat ( 13/11).

Menurut Himawan, 15 orang pasien yang meninggal tersebut 6 dinyatakan positif berdasarkan hasil swab, 5 negatif  dan 4 belum sempat diperiksa sebab Pasien sudah meninggal.

Nama - nama pasien yang positif berdasarkan hasil swab : S ( 23 th ) Tengah Ilir, WND ( 24 th ) Rimbo Bujang, SH (47 th ) Rimbo Bujang, SPY ( 59 th ) Muara Tabir, PS ( 57 th ) Rimbo Ilir dan MRH ( 65 th ) Muara Bungo.

Hasil negatif berdasarkan swab yang keluar setelah pasien dimakamkan / pemulasaran : RZN (41 th ) Rimbo Bujang, ARJ ( 37 th ) Tebo Rengah, N (61 th ) VII Koto, MHJ (47 th ) TeboTengah dan KMY (72 th ) Rimbo Ilir.

Sedangkan pasien yang belum sempat diperiksa tapi sudah meninggal : SWO ( 60 th ) Tengah Ilir, SWN ( 40 th ) Tebo Tengah, WGH ( 57 th ) Rimbo Bujangi dan RMS (45 th)  Jambi.

Di tempat terpisah Kadis Kesehatan - KB Kabupaten Tebo Dr. Riana Elizabeth, menjelaskan ke - 15 pasien  meninggal di ruang isolasi RSUD STS Muara Tebo dan dimakamkan secara protokol Covid-19.

Dari 15 Pasien yang meninggal ternyata 6 positif dari hasil swab, 5 pasien negatif setelah hasil swabnya keluar setelah pasien dimakamkan / pemulasaran sebut Kadinkes - KB ini.

Kemudian  ada 4 pasien meninggal belum sempat diperiksa karena menunggu Tim pemeriksa dari Provinsi Jambi. Sementara ke-4 pasien  tersebut telah  meninggal lebih dari 4 jam sebelum Tim datang.  " Pasien yang telah meninggal tidak boleh lewat dari 4 jam untuk dimakamkan / pemulasaran " , kata Dr. Riana ( sr/GM Red).

13 November, 2020

HKN Ke-56,Nakes Teladan Terima Penghargaan Dari Pemda Tebo

 









gaungmerdeka.com,Tebo-Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom. M Si. menyerahkan Piala Penghargaan kepada Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan di Halaman Utama Kantor Bupati, Jum'at (13/11/2020).


Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-56 Tahun 2020. HKN Tahun ini mengusung tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.


Pemenang Tenaga Kesehatan Teladan terbagi dalam tujuh kategori tenaga yang berasal dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Tebo. Tujuh jenis tenaga kesehatan tersebut meliputi Dokter, Dokter Gigi, Bidan, Perawat, Kesehatan Masyarakat, Laboratorium, dan Sanitarian.


Kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Tebo Hj. Saniatul Lativa SE MM tersebut juga menyelenggarakan cek kesehatan dan senam bersama dan diikuti juga oleh unsur Forkopimda, Asisten Sekda, Kepala OPD serta Pejabat dan ASN Lingkup Pemkab Tebo dan Tenaga Kesehatan di Seluruh Kabupaten Tebo,(GM Red)

Soaialisasi Perpajakan Tentang Kewajiban Pajak untuk Bendahara OPD



Gaungmerdeka.com,Tebo-Sekretaris Daerah Kabupaten Tebo, Drs. Teguh Arhadi MM didampingi Asisten Administrasi Umum Amsiridin SP, membuka Sosialisasi Perpajakan tentang Kewajiban Pajak untuk Bendahara Organisasi Perangkat Daerah, Hotel BW Luxury Jambi, Kamis (12/11/2020).

Sosialisasi menghadirkan beberapa narasumber dari Account Representative  Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jambi Telanaipura yakni Sukri, Agus Susanto dan Rita Purnama sari.

Sekda Teguh berharap para peserta dapat menerapkan materi yang disampaikan. Hal tersebut mengingat peran bendahara sangat strategis untuk mendukung kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan.(GM Red)

12 November, 2020

Perkuat Fungsi Pelayanan Publik,Diskomimfo Tebo Integrasikan Pengaduan Masyarakat Gunakan Aplikasi SP4N Lapor yang Dikelolah Kementerian PAN-RB




Gaungmerdeka.com,Tebo-Dalam menyukseskan program PPID dan Lapor, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tebo menggelar Bimbingan Tekhnis bagi admin PPID dan Lapor Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Tebo bertempat di Aula Utama Kantor Bupati, Rabu (11/11).


Bupati Tebo diwakili Sekretaris Daerah  Teguh Arhadi, SE, MM ketika membuka acara, UU Nomor 14 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) menjadi momentum untuk mengakses Informasi Publik.


Selanjutnya kata Sekda, guna memperkuat fungsi pelayanan  publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tebo akan mengintegrasikan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SP4N LAPOR ( Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional / Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ) yang dikelola Kementerian PAN - RB.


"Tujuannya agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan dapat disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya ", ungkap Teguh Arhadi.


Sementara dalam laporan Kadis Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tebo Himawan Siswanto, SE, M.Ec. Dev. bahwa acara Bimtek diikuti oleh 65 peserta yang merupakan utusan Admin PPID dan LAPOR OPD Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan.


Menurut Himawan Siswanto, Bintek dilaksanakan bertujuan disamping meningkatkan wawasan Admin sekaligus mensosialisasikan program PPID dan Lapor ke tengah-tengah masyarakat.


Diskominfo Tebo pada acara tersebut menghadirkan narasumber : Drs. Yanuar Ahmad, MPA ( Asdep Pelayanan Publik Kemen PAN-RB via zoom ), Syahrul Hanafi, SE ( Diskominfo Prov. Jambi via zoom ) dan Maroli, SH ( Ketua Komisi Informasi Prov. Jambi ) - ( GM Red ).

11 November, 2020

Kunker Pjs,Gubenur Jambi dan Rakor Persiapan Pilkada Serentak

 



Gaungmerdeja.com,Tebo-Rapat Koordinasi bersama Pjs. Gubernur Jambi Ir.  Restuardy Daud, M. Si tentang Pilkada dan Penanganan Covid-19 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (11/11/2020).


Bupati Tebo,. Sukandar, S. Kom., M. Si. didampingi Wakil Bupati Syahlan SH dalam sambutannya menyampaikan kondusifitas di Kabupaten Tebo terjaga dengan baik menjelang Pemilukada yang akan diselenggarakan 09 Desember nanti.


"Sejumlah pihak sudah kita lakukan koordinasi dikarenakan Pemilukada yang akan dilangsungkan di tengah pandemi. Kami ,Pemda telah melakukan kerjasama dengan KPU dan Bawaslu serta tenaga kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan pemilihan" ujar bupati.


Bupati Sukandar mengungkapkan adanya kendala yang diprediksi selama pelaksanaan pemilihan berlangsung sudah diantisipasi dan dicari solusinya. Sebanyak 754 TPS secara umum kendala yang dihadapi adalah distribusi logistik. Selain itu data pemilih ganda.


Bupati Juga melaporkan rencana Kabupaten Tebo untuk melaksanakan Pilkades serentak di 30 Desa. Persiapan telah dilakukan dan dilaporkan kepada kementrian terkait. Pilkades di Kabupaten Tebo akan diselenggarakan pasca Pilgub dan Wagub.


Sementara Pjs. Gubernur menyampaikan informasi terkait langkah dan kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi dalam menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020, Pencegahan dan Penanganan Covid-19 serta Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pelayanan Publik.


Pjs. Gubernur Restuardy berharap suksesnya Pemilukada ditengah pandemi ini merupakan tanggung jawab bersama. Kabupaten harus benar bisa memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik pra dan pasca pemilihan dengan tetap melakukan upaya penekanan penyebaran Covid-19.


Rakor diikuti rombongan Gubernur, Unsur Forkopimda Kabupaten Tebo, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas serta sejumlah camat Lingkup Pemkab Tebo.


Pada kesempatan tersebut dilakukan pemaparan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Jambi tentang Resolusi Konflik dan Komitmen Kehutanan di Hutan Tanam Industri. Kemudian dilanjut dengan diskusi tanya jawab dipimpin Wabup Syahlan.(Gm Red)

10 November, 2020

Gelar Upacara Hari Pahlawan Dimakam Sulthan Thaha Syaiufudin


 

Gaungmerdeka.com-Taman Makam Pahlawan Sultan Thaha Syaifuddin menjadi lokasi Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Selasa 10 November 2020.




Bertindak sebagai Inspektur Kapolres Tebo AKBP Gunawan Tri Laksono diikuti Wakil Bupati Syahlan SH serta unsur Forkopimda Kabupaten Tebo(Red)

Sertifikat Untuk Rakyat



 Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si. didampingi Wakil Bupati Syahlan SH mengikuti konferensi video penyerahan sertifikat tanah di Pendopo Rumah Dinas, Senin (09/11/2020).


Penyerahan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Diakhir acara Bupati Sukandar dan Wabup Syahlan diikuti Forkopimda menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah dari BPN kepada masyarakat.(Red)

08 November, 2020

Pengambilan Sumpah Badan Permusyawaratan Desa

Tim Satgas Covid19 Terus Melakukan Sosialisasi Covid19


Sosialisasi perbun tentang protokol kesehatan covid19 terus dilakukan oleh tim satgas, hal ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan

Sosialisasi Protokol Kesehatan

Ekonomi Indonesia Resmi Resesi



Gaungmerdeka.com, Tebo – Pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2020 terkontraksi minus 3,49 % hal ini juga terjadi pada kuartal II 2020 sebesar 5,23% seperti yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) hal ini resmi membuat Indonesia resesi.

Seperti yang dirilis liputan6.com peneliti Indef Bhima Yudhistira mengatakan pemerintah perlu melakukan perombakan tim ekonomi, respon Menteri yang kurang sigap dalam mengatasi keadaan merupakan salah satu penyumbang resesi ekonomi.

“Reshufle tim ekonomi harus dilakukan segera, kotraksi ekonomi terjadi kerena respon mentri yang kuran cepat dan inkompeten” ujar Bhima di Jakarta, Kamis (5/11)

Tujuan dilakukan perombakan adalah tidak lain untuk melakukan penyegaran, agar Presiden Joko Widodo segera melakukan perombakan, tidak itu saja Bhima juga menyarankan merombak total program PEN yang pencairannya macet serta konsep yang bermasalah salah satu diantaranya Kartu Prakerja serta penempatan dana pemerintah di perbankan, selain itu juga Presiden harus memilih tim yang benar – benar professional dan kompeten dalam bidangnya.

Hal ini dilakukan agar mempercepat eksekusi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) baik dalam waktu 2 bulan terakhir maupun tahun 2021 mendatang dengan harapan Indonesia mampu keluar dari jurang resesi.

Terakhir, mempercepat program UMKM go digital. Dia mengatakan, jangan sampai yang menikmati program ini hanya bonanza digital. Mereka ini barang-barang impor, disaat porsi UMKM yang masuk platform digital baru 13 persen. (Red)

Sumber : Liputan6.com

 

Mengkhawatirkan, 8 Orang Penambahan Kasus Positif Covid19 Tebo

Gaungmerdeka.com, Tebo – Baru beberapa hari status zona kabupaten tebo berwarna kuning, dimana sebelumnya tebo termasuk zona oranye, tebo kembali menyumbang kasus terkonfirmasi positif covid19 pada Sabtu, (07/11).

Penambahan kasus terkonfirmasi positf covi19 kabupaten tebo sebanyak 8 orang diantaranya FK (12), FZA (12), BPM (11) ketiganya siswa MH Jalan 12 Rimbo Bujang, suspek dengan anosmia merupakan warga Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang dan SP (34) suspek dengan anosmia merupakan seorang guru warga Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, keempat orang diatas merupakan klaster sekolah, sementara ARA (1) dan M (66) warga Rimbo Ulu yang kontak erat dengan AS  yang terkonfirmasi Positif dan A (57) dengan suspek pneumonia riwayat RDT reaktid perjalanan dari Kerinci merupakan warga Muara Tebo dan T (64) suspek dengan RDT R merupakan Muara Tebo.

Hal ini dibenarkan oleh dr. Riana Elizabeth saat dikonfirmasi “Benar ada penambahan kasus covid19 di Kabupaten Tebo, beberapa diantaranya anak – anak merupakan klaster sekolah, dan lainnya kontak erat juga riawayat perjalanan” jelasnya kepada awak media. (8/11)

Perkembangan kasus positif covid19 tidak bisa dianggap remeh, pasalnya per tanggal 7 November 2020 kasus positif covid19 Indonesia tembus angka 433.836 positif, 364.417 Sembuh dan 14.540 meninggal dunia, kalua bukan kita siapa lagi yang akan memutus mata rantai covid19 ini, mari gunakan masker dan patuhi protocol kesehatan covid19. (Red)

 


Polisi Ungkap Kasus Pengrusakan Alkes RSUD STS Tebo



Gaungmerdeka.com, Tebo - Kasus perusakan alat kesehatan (Alkes) di ruang ICU RSUD Tebo terus berlanjut. Kapolres Tebo AKBP Trisaksono Puspo Aji mengaku pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.(14/9/2020).

“Sudah 11 saksi yang kita periksa,” kata Kapolres dikonfirmasi sejumlah wartawan di Mako Polsek Tebo Tengah, Senin (14/09/2020).

Kapolres berkata, yang dirusak pelaku di ruang ICU RSUD Tebo adalah aset pemerintah daerah yang saat ini sangat dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19,” Saya harapkan kepada pelaku untuk segera menyerahkan diri atau nanti kita lakukan tindakan tegas terhadap yang bersangkutan,” kata Kapolres.

Kapolres menegaskan, pihaknya bersama jajaran akan memproses kasus ini sampai ke pengadilan,” Besok (Selasa) akan kita panggil pelaku, jika tidak datang nanti kita tangkap,” tutupnya.

Diketahui, Selasa (01/09/2020), salah seorang keluarga pasien di Tebo mengamuk di ruang pelayanan Intensive Care Unit (ICU) di RSUD STS Tebo. Akibat insiden itu, sejumlah alat kesehatan (Alkes) di ruang itu rusak dan hancur. Kerugian akibat insiden ini diperkirakan mencapai Rp460 juta. (Red)

SPBU Di Razia, Pengendara Terlantar Demi Pelansir



Gaungmerdeka.com, Tebo - Pemda Tebo akan lakukan peningkatan pengawasan guna memonitor kegiatan oprasional Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umim (SPBBU) terkait memfasilitasi pendistribusian BBM dan kepada konsumen dan masyarakat Pelayanan di Tebo khususnya untuk dua SPBU yang berada di tebo tengah.Senin(5/10/2020)

Dua SPBU tersebut diantaranya yang berada di jalan lintas tebo jambi dan yang berada di KM3 Jln.Lintas Tebo Bungo.

Edy Sopyan Kabid perdagangan dan pasar dari dinas Disperidag Tebo kepada waryawan mengatakan,Hal tersebut di lakukan merupakan hasil keputusan rapat bersama antara Pemda Tebo dan Forkopinda Tebo di Ruang Sekretaris daerah tebo pada senin pagi (5/10/2020).

“Turut hadir di rapat tersebut dari polres tebo kasat reskrim,kapten Zulkarnaini Danramil,Kapolsek Tebo Tengah,Asiten bupati,Kadis Disperindag,Camat tebo tengah,camat tengah ilir,camat tebo ilir,Jelasnya.

“Dari hasil keputusan rapat telah di putuskan beberapa point diantaranya adalah tidak boleh lagi SPBU mengisi BBM kepada pelanggan yang menggunakan tanki rombakan baik kendaraan roda dua ataupun Roda Empat,Ungkapnya.

Kemudian dikatakannya juga jika untuk mengisi pelanggan yang menggunakan gerigend(galon) hanya di bolehkan galon yang ber ukuran 10 liter,Tambahnya.

Lebih lanjut Edy juga menyebutkan akan memasang CCTV di tempat strategis di SPBU tersebut untuk memonitornya,dan bila masih juga ada di temui pelanggaran maka SPBU tersebut akan di lakukan sangsi tindakan tegas sesuai aturan belaku bahkan jika perlu bupati Tebo langsung yang akan menyurati Pertamina untuk merekomendasikan agar di lakukan sangsi tegas tersebut Tutupnya. (Red)

 

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid19 Tebo Semakin Bertambah



Gaungmerdeka.com, Tebo - Seiring berkembangnya kasus terkonfirmasi positif covid-19 seperti Kota Jambi dan beberapa Kabupaten lainnya hingga merubah status zona yang dikarenakan penambahan kasus positif covid-19.

Kabupaten Tebo yang tadinya kasus covid-19 semakin berkurang, namun hal ini terbantahkan dengan penambahan 4 kasus terkonfirmasi positif covid-19, diantaranya Tn. M (48) warga Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang riwayat perjalanan Jawa Timur, Ny. SF (21) warga Desa Sapta Mulya, Kec. Rimbo Bujang riwayat kontak dengan Pasien positif Bungo, Tn. ML (46) Tebo Tengah, Riwayat Perjalanan dari Jawa Tengah dan Ny. GP (55) warga Desa Sidorukun Kec. Rimbo Ulu riwayat perjalanan Pekanbaru, hal ini dibenarkan oleh dr. Riana Elizabeth menyampaikan di group covid-19 Kabupaten Tebo.

“Memang benar hari ini ada penambahan 4 pasien terkonfirmasi positif covid-19 yakni M, SF, ML dan GP, data ini kita dapat setelah konfirmasi dengan pihak provinsi, dan data mungkin besok di update dan rilis oleh tim covid-19 Provinsi Jambi” jelas Riana.

Hal senada yang disampaikan oleh dr. Oktavieni bahwasanya telah terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 “Hari ini memang ada penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19, dan 2 orang dirawat isolasi covid-19” terangnya.

Penambahan kasus terkonfirmasi covid-19 diduga kurang menerapkan protokol kesehatan pada diri sendiri, sering terabaikan, penularan dari OTG yang rentan terhadap masyarakat.

Ditambahkan lagi oleh dr. Riana bahwa dua orang pasien ML dan GP saat ini dirawat di RSUD STS Tebo dan duanya lagi M dan SF melakukan isolasi mandiri, Riana berpesan untuk tetap menjaga kesehatan, jaga jarak dan jangan lupa untuk mencuci tangan.

“Untuk pasien ML dan GP saat ini di isolasi di RSUD STS Tebo, sementara M dan SF melakukan isolasi mandiri, ada baiknya selalu menjaga protokol kesehatan, gunakan masket, jaga jarak, cuci tangan serta jaga kesehatan” tambahnya. (Red)

 

Dijadwalkan Mediasi Dengan Warga Bersama Komisi II DPRD Tebo, Pihak Perusahaan Mangkir



Gaungmerdeka.com, Tebo - Komisi II DPRD Tebo kembali menggelar Rapat dengar pendapat terkait persoalan komplik sosial akibat di gusurnya lahan warga masyarakat desa lubuk madrasah yang di gusur oleh PT.Wasita Kharya Sakti (WKS) di ruang sidang kantor DPRD Tebo,Senin(13/10/2020)

Sebelumnya di ketahui dan sempat viral adanya aksi Mak mak yang bertelanjang dada mengusir alat berat yang menggusur lahan dan tersebar di dunia maya melalui media sosial dan media on line sehingga mencuri perhatian publik dan terdengar sampai ke telinga para wakil rakyat baik DPRD Provinsi Jambi dan juga DPRD Kabupaten Tebo.

“Komisi II DPRD Tebo Yang di pimpim langsung oleh wakil ketua II Syamsu Rizal.SE.M.Si sidak ke lokasi komplik dan bertemu langsung dengan Para pihak yang berkomplik,Masyarakat dan pihak PT. WKS.Situasi di lapangan saat itu cukup panas terjadi perang mulut yang alot diantara jedua belah pihak yang bertikai.atas hal tersebut di putuskan bahwa persoalan tersebut harus di bawak kantor DPRD Tebo untuk di carikan Solusinya,dan parah pihakpun menyetujuinya,dan hari ini jadwal rapatnya,Ungkap Iday (sapaan akrab Syamsu Rizal)kepada wartawan.

“kita sudah undang semua pihak yang bersengketa dan OPD Tebo yang terkait termasuk pihak manajemen PT.WKS sayang mereka tidak dapat hadir,Ujar Iday kecewa.

Ditambahkannya lagi meski Pihak perusahaan tidak hadir namun tahapan proses ini tetap berlanjut.

”saya sudah mintak kepada anggota komisi II untuk turun lagi besok kelapangan guna incetarisis semua masakah yang ada di lapangan,Pungkas Iday lagi.

Lebih lanjut Iday mengatakan soal ketidak hadirannya dalam RDP ini pihak PT WKS ada mengkomfirmasi ke kita (DPRD Tebo) Alasan nanajenen PT.WKS tidak bisa hadir di sebabkan di kantir ya ada yang terpapar covid tapi kita sudah tawarkan melalui virtual mereka mengelak lagi dengan akasan sedang melajukan Swab Tutupnya.

Rapat di pimpim langsung oleh ketua DORD Tebo Mazlan.S.Kom di dampingi Waka II dan anggota komisi II turut hadir dalam rapat tersebut OPD Tebo terkait dan perwakilan dari dibas kehutanan Provinsi Jambi

 

Gaungmerdeka.com

Seorang Ketua RT Tewas di Bacok Ipar Dengan Parang

Gaungmereka.com,TEBO- Jatmiko (40)  warga Desa Sido Rukun Tewas mengenaskan akibat di  dibacok dengan sebilah parang oleh Sumardi yg masih s...