Polisi Ringkus Pelaku Penculik Anak Bawah Umur di Tebo

 



Gaungmerdeka.com TEBO - TIM Polsek Tebo Ilir dan Polres Tebo berhasil mengungkap kasus pelarian anak dibawah umur yang terjadi beberapa pekan lalu. Informasi yang dihimpun  menyebutkan jika pada hari jumat tanggal 3O Oktober 2020 sekira pukul 07.00 wib lalu pelapor yang merupakan orang tua dari korban tidak mendapati anaknya RA  dan ponakannya TM di pondok terlapor An.Indrajit.


Pasalnya sebelumnya anak pelapor dan ponakannya itu tidur dipondok terlapor atas ijin pelapor dan orang tua korban. Namun setelah besoknya dicek ke pondok oleh orang tua korban kedua anaknya tersebut sudah tidak ada lagi dipondok itu dan tidak di ketahui kemana pergi dan keberadaannya termasuk juga terlapor.


 


Atas kejadian tersebut pelapor melaporkan peristiwa itu ke polsek tebo ilir kabupaten Tebo Provinsi Jambi.


 

Pihak kepolisian melakukan pencarian,


Pada hari Sabtu Tanggal  21  Nopember 2020 Unit Reskrim Polsek Tebo Ilir bersama Team Sultan Polres Tebo dibawah pimpinan Kapolsek Tebo Ilir Iptu Pernando Gultom, SH melakukan Penyidikan terhadap Laporan warga yang mengetahui pelaku Melarikan anak dibawah umur ke daerah kecamatan Rendah Mendalu kabupaten Tanjung jabung barat Provinsi Jambi.


Dari hasil penyidikan tersebut polisi ahirnya memperoleh titik terang karena mendapatkan  saksi yang jadi petunjuk tentang keberadaan pelaku,Dalam keterangannya saksi mengetahui bahwa pelaku berada dikebun sawit milik warga bersama istri pelaku dan kedua anak pelapor mereka tinggal dalam sebuah tenda yang terbuat dari plastik.


Berdasarkan keterangan saksi berhasil menemukannya dan kemudian Selanjutnya pelaku berikut istri dan anak yang di culiknya langsung di amankan dan bawa ke Mapolsek Tebo Ilir Untuk proses Hukum lebih lanjut.



Kapolres Tebo AKBP Gunawan trilaksono S.I.K ,melalui Kasat Reskrim Polres Tebo AKP, Mahara Tua Siregar S.I.K, SH kepada media membenarkan atas adanya penangkapan terduga TP yang melarikan anak bawah umur.



" Yaa..,Sementara tersangka yang merupakan Pasutri sudah kita amankan di Mapolsek Tebo Ilir,Sebelumnya Tim yang terdiri dari anggota Polsek Tebo Ilir dan Polres TEBO Telah semalaman melakukan penyisiran hingga sampai ke TANJABBAR sampai ahirnya kita berhasil meringkus dan mengamankan Pelaku Pada hari sabtu  tanggal 21 Nopember 2020 pukul 23.45 wib di Rt 10 desa Sungai paur kec.Renah mendalu kab.Tanjabbar prov.Jambi ",Sebut KASAT.


 


Kemudian sambung Kasat menjelaskan, Bahwa penangkapan TP yang melarikan anak bawah umur adalah Merupakan Pengembangan dari Dasar LP atau Dumas yang tertuang dalam surat - Laporan Polisi,Sambungnya Sambil tunjukan beberapa lembar surat padavwartawan


" Ini Surat Polisinya, Nomor LP/B-23 /XI/2020 / JAMBI /RES TEBO /SEKTOR TEBO ILIR, Tgl 06 November 2020, Surat Perintah Tugas nomor : Sp.gas / 10 / XI/ 2020/ Reskrim , Tanggal 21 November 2020., Surat Perintah Penyidikan nomor : Sp.dik / 10 / XI/ 2020 / Reskrim , Tanggal 21 Nopember 2020, Surat Perintah Dimulainya Penyidikan nomor Spdp/ 10 / XI / 2020 / Reskrim , tanggal 20 November 2020, Surat perintah Penangkapan nomor : sp.kap / 14 / XI/2020/ Reskrim,tanggal 21 November 2020 An.Indrajit, Surat Perintah Penangkapan nomor : Sp.kap / 15 / XI/ 2020/ Reskrim tanggal 21 November 2020 an.Nuryati Bin Marno.Beber  Kasat lagi pada wartawan.



Lebih jauh Kasat memaparkan, Untuk Sementara di ketahui jika orang tua korban ID Bin MD berdomisili ,Rt 17 Rw 01 Simpang Semangko Kel.Sei.Bengkal Kec.Tebo Ilir Kab.Tebo Provinsi Jambi, Dan untuk sementara ini Pelaku yang merupakan Pasutri yakni Indrajit , 55 tahun,Buruh Tani,Islam,alamatRt 17 Simpang Semangko Kel.sei.bengkal,kec.tebo ilir kab.tebo dan Tempat tanggal lahir 15, Desa A1 Bedengseng Kec.Sungai Lilin Kab.Banyu Asin Provinsi Sumatra Selatan Dan istrinya Nuryati Bin Marno, 39 thn ,Irt,islam,alamat Rt 17 Simpang Semangko kel.sei.bengkal kec.tebo ilir, Asal Tempat Tinggal .Rt 15 desa A1 bedengseng kec.sungai lilin kab.banyu asin dan sudah kita amankan di Mapolsek Tebo Ilir, Dan akan dikenakan Pasal yg Diterapkan , Pasal  332 KUHPidana Jo UU no.35 tahun 2014 Perubahan atas UU no.23 tahun 2002 Tentang Perlindungan anak,Papar Kasat.


Terahkir kata Kasat, langkah selanjutnya adalah Menyerahkan tersangka dan barang bukti ke polres tebo.


"Kita sudah Koordinasi dengan Unit PPA Polres Tebo. Dan Tersangka beserta Barang Bukti yang sudah diamankan seperti 1(Satu) Unit Hp OPPO Warna putih, 1 (satu )Unit Hp Strabery warna hitam,  1( satu ) pucuk kecepet warna coklak, 1 (satu ) lembar baju kaos warna hitam putih belang.1 (satu ) lembar baju warna orange.

Melengkapi Mindik untuk Kirim SPDP ke JPU, pelapor dan terlapor. Berikan Sp2hp kepada pelapor. Lakukan Input data ke E-Penyidikan untuk Melaporkan Kepada Pimpinan,Tutup Kasat.(YS/HRF GM)


 



Komentar